SOLOK - Guna melahirkan calon lulusan yang memiliki keterampilan dan skill serta mampu bersaing di dunia kerja, UMMY Solok, menggelar Pelatihan Laporan Keuangan dengan Zahir Accounting dan Pelatihan Publikasi Jurnal Ilmiah Open Journal System (OJS), bagi mahasiswa program study Akuntansi, Fakultas Ekonomi (Fekon).
Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari itu dibuka oleh Rektor UMMY Solok Prof.Dr.Ir.Syahro Ali Akbar, MP yang diwakili Dekan Fakultas Ekonomi, Juwita Sukraini, SE, M.Si, bertempat di Kampus II UMMY Solok, Kotobaru, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Jum'at, 7 Mei 2021.
Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi UMMY Solok, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia, staf pengajar Prodi Akuntansi serta staf Fekon UMMY Solok, atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
“Terkait dengan pelaksanaan praktikum ini, biasanya kita laksanakan dalam bentuk field study. Namun dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19 kegiatan dialihkan dalam bentuk pelatihan, workshop ataupun praktikum, ” ujar Dekan Fekon UMMY Solok Juita Sukraini.
Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa sebagaimana yang disampaikan oleh Rektor saat pembukaan pelatihan atau workshop program study manajemen beberapa hari lalu, menyarankan agar kegiatan seperti ini kedepannya terus dilakukan, karena dinilai sangat bermanfaat bagi mahasiswa nantinya, sebagai modal dalam mengarungi dunia kerja.
Adapun dua orang narasumber yang dihadirkan, dikatakan Juita Sukraini, satu orang berasal dari internal kampus UMMY yaitu dosen program study akuntansi Siska Yulia Defitri, SE, M.Si. yang sudah mempunyai pengalaman yang mumpuni dalam penginputan jurnal ilmiah, serta Yulistia, SE, MM yang merupakan seorang pakar dalam pelatihan-pelatihan khususnya bidang keilmuan Akuntansi dan pembuatan laporan keuangan.
“Untuk itu, ikutilah kegiatan ini dengan serius agar setelah mengikuti pelatihan ini, saudara bisa mengaplikasikannya. Selain itu, saudara nantinya juga akan mendapatkan sertifikat yang akan menjadi salah satu referensi dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah), ” terang Juita.
Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Dr.Lili Wahyuni, SE, MM, melaporkan bahwa kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, Jumat dan Sabtu, 7 - 8 Mei Mei 2021, dengan menghadirkan 2 orang narasumber.
Kegiatan diikuti oleh sebanyak 55 orang mahasiswa program study Akuntansi semester 6 dan 8. Demi tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan, peserta dibagi dalam 2 sesi pelaksanaan.
Diterangkan Dr.Lili Wahyuni, berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) nomor 50 tahun 2018 tentang perubahan atas Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mewajibkan hasil penelitian mahasiswa program sarjana untuk diimplikasikan dalam bentuk karya ilmiah serta harus dipublikasikan.
“Untuk itu diharapkan kepada peserta agar mengikuti pelatihan/praktikum dari awal hingga akhir dengan sungguh-sungguh. Kegiatan ini sangat besar manfaatnya, dengan harapan setelah tamat dari UMMY, saudara punya kompetensi dalam menyusun laporan keuangan karena saudara adalah calon akuntan publik, ” sebutnya.
“Mudah-mudahan dengan mengikuti praktikum ini, memberi kontribusi positif, dalam memperkaya skill dan keterampilan, hingga bermanfaat dalam menghadapi dunia kerja nantinya, ” pungkas Dr.Lili Wahyuni, SE, MM. (Amel)