Kelangkaan Air Bersih, Warga Perumahan Villa Halaban Indah Panyakalan Menjerit

    Kelangkaan Air Bersih, Warga Perumahan Villa Halaban Indah Panyakalan Menjerit

    SOLOK -   Kelangkaan air bersih yang merupakan sumber kehidupan bagi  makhluk hidup, dialami oleh masyarakat di Villa Halaban Indah, Jorong Halaban, Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

    Warga mulai kembali menjerit, pasalnya telah 5 hari, sumber air satu-satunya dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) setempat mati. Adapun jumlah warga di perumahan Villa Halaban Indah itu kurang lebih berjumlah 100 KK.

    Salah seorang warga setempat Eliyardi mengaku, untuk mendapatkan air, warga harus menyedot menggunakan pompa pada malam hari antara, antara pukul 01.00 WIB sampai dengan 04.30 WIB.

    “Pompa dipasang setelah meteran, itu kadang dapat kadang nggak. Sehinga warga dua kali rugi, bayar tagihan air ditambah biaya listrik untuk memompa air dari PDAM yang menjadi satu-satunya sumber air bagi warga disini, ” terangnya.

    Menurut Eliyardi, upaya memperoleh air dengan bantuan alat sedot/pompa air itu sudah kurang lebih 3 tahun dialaminya. Pada tahun lalu, 2020, dia mengatakan bahwa warga setempat telah membuat surat pengaduan kepada PDAM Kabupaten Solok, namun tidak ada tanggapan.

    “Saya sendiri yang mengantarkan surat itu ke PDAM Kabupaten Solok, tapi hingga saat ini tidak ada tanggapan dari mereka. Dan bahkan saat ini kami dengan tetangga harus membeli air tanki untuk memenuhi kebutuhan, ” ujarnya pagi ini, Sabtu, 7 Agustus 2021.

    Namun menjadi sebuah tanda tanya, jika memang ada perbaikan yang mengakibatkan air tidak lancar sebagaimana informasi yang diterimanya, menurut Eliyardi, seharusnya mati total semuanya.

    “Ini yang mati hanya di Perumahan Villa Halaban Indah saja. Sementara, tetangga kita di Perumahan Halaban Tahap 1 dan Tahap 3, air mengalir dengan lancar, ” sebutnya lagi.

    Dengan kecewa, Eliyardi mengungkapkan, sebagai pelanggan kewajiban untuk membayar tagihan tiap bulan tetap ditunaikan, tapi hak mereka sebagai konsumen tidak bisa dipenuhi oleh PDAM.

    “Untuk itu warga berharap kepada PDAM agar mendengar keluhan dari warga Perumahan Villa Halaban Indah. Bapak Bupati begitupun DPRD mendengar juga hendaknya keluhan kami tentang sulitnya mendapatkan air bersih. Terima kasih dari warga Villa Halaban Indah, ” tutur Eliyardi mengakhiri.  (Amel)

    Sumbar Solok
    Amelia Rizky

    Amelia Rizky

    Artikel Sebelumnya

    Jalani Isoman Karena Kontak Erat Pasien...

    Artikel Berikutnya

    PPKM Berbasis Mikro, Kota Solok Keluarkan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kunjungan Kerja Kepala Keuangan Kodam Iskandar Muda ke Korem 012/TU
    Dukung Asta Cita Presiden RI, Panglima TNI Tinjau Program Ketahanan Pangan Kodam IV/ Diponegoro
    Hendri Kampai: Indonesia Hanya Butuh Pemimpin Jujur yang Berani
    Bakamla RI Berikan Pertolongan Medis ABK KM Lintas Samudra 2 di Perairan Natuna
    Cegah Paham Radikalisme, Polri Tekankan Pentingnya Upaya Kontra Radikal 

    Ikuti Kami